Pokémon



Pokémon

Logo Pokémon versi internasional.

Penulis

Satoshi Tajiri

Judul asli

Pocket Monsters (ポケットモンスター ,Poketto Monsuta?)

Penerjemah

Pokémon USA Inc.
Viz Communications

Ilustrator

Ken Sugimori

Negara

Flag of Japan.svgJepang
Flag of the United States.svgAmerika Serikat

Bahasa

Jepang/Inggris

Subyek

Fiksi ilmiah

Genre

Fantasi/Petualangan

Penerbit

The Pokémon Company
Nintendo
Game Freak
Creatures Inc.





Pokémon adalah salah satu hasil dari perusahaan permainan video Nintendo dan diciptakan oleh Satoshi Tajiri pada 1995. Aslinya Pokémon adalah seri permainan video yang menggunakan Game Boy. Pokémon terdiri dalam beragam bentuk, yaitu anime, manga, trading cards, buku, mainan, dll. Waralaba media ini merayakan ulang tahunnya yang ke sepuluh di tanggal 27 Februari 2006. Dan pada 23 April 2008, omzet penjualan permainan video Pokémon telah mencapai 180 juta kopi, melebihi penjualan permainan video Transformers.

Nama Pokémon berasal dari nama Jepang "Pocket Monsters" (ポケットモン ター ,Poketto Monsutā. Di bulan November 2005, 4Kids Entertainment, yang menjadi distributor Pokémon di luar Jepang mengumumkan bahwa mereka tidak akan memperpanjang kontrak mereka dengan The Pokémon Company Jepang. Sadar bahwa The Pokémon Company Jepang tidak akan sukses bila tanpa bantuan rekan dari luar Jepang, The Pokémon Company Jepang kemudian menciptakan anak perusahaan yang berbasis di Amerika. Perusahaan itu kemudian dikenal dengan nama Pokémon USA, Inc. Tugasnya adalah menjadi distributor sekaligus pemegang nama lisensi Pokémon untuk kawasan di luar Asia termasuk di Afrika.

Konsep dasar

Konsep asli dari Pokémon, seperti yang muncul dalam permainan video dan semua bentuk Pokémon secara umum, adalah mengadopsi hobi mengoleksi serangga, dimana hal itu pernah dilakukan oleh Satoshi Tajiri sewaktu ia masih kanak-kanak. Dalam permainan video, pemain disebut sebagai Pokémon Trainer (pelatih Pokémon). Ada tiga tujuan umum yang harus dilakukan oleh setiap pelatih Pokémon untuk melengkapkan isi dari Pokédex. Pertama, Anda harus menangkap semua spesies Pokémon yang ada di sebuah region tempat Anda berada. Kedua, Anda dituntut untuk mengembangkan spesies Pokémon yang Anda punya agar menjadi kuat dan kemudian bisa menang melawan penantang yang lain. Ketiga, bila Pokémon yang Anda didik tersebut cukup kuat dari segi fisik dan teknik, Anda punya kesempatan besar untuk melawan pelatih terkuat yaitu Elite Four, dan jika Anda menang maka Anda akan disebut Pokémon Master. Semua hal tadi ada dalam seluruh seri Pokémon, termasuk dalam permainan video, anime, manga, dan trading card

Dalam mayoritas seri Pokémon, seorang pelatih yang dapat menghadang kekuatan Pokémon liar dapat menangkapnya untuk kemudian dijadikan peliharaannya sendiri dengan melemparkan sebuah benda yang bisa menciutkan tubuh Pokémon tersebut, yang kemudian dinamakan Poké Ball, sebenarnya ada banyak jenis Ball yang dapat digunakan untuk menangkap Pokémon liar, namun yang paling terkenal adalah Poké Ball. Dengan tertangkapnya Pokémon liar tersebut, maka sang pelatih secara resmi memiliki Pokémon liar tersebut.

Pokémon yang dimiliki oleh orang lain tidak bisa direbut secara paksa dengan Poké Ball kecuali ada hal-hal lain yang menjadi persetujuan antara dua pelatih yang bertarung tersebut misalnya saling bertukar (trade), atau dengan membelinya.

Pokémon yang kita miliki untuk selanjutnya bisa kita pertarungkan dengan Pokémon liar atau dengan sesama pelatih lain. Bagi Pokémon yang menang dalam pertarungan tersebut, sudah tentu kekuatannya akan bertambah dan meningkat. Mereka mendapat poin pengalaman, dan berkesempatan untuk naik ke level yang lebih tinggi jika waktunya sudah tiba. Ketika mereka naik level-nya, secara otomatis statistiknya akan meningkat, seperti attack, defense, speed, dll. Dari waktu ke waktu, sesuai level, Pokémon kemudian mengenal beberapa taktik serangan baru, yang bisa digunakan dalam pertarungan. Dalam beberapa kesempatan, ada sebagian besar jenis Pokémon yang bila mencapai level tertentu atau dengan memenuhi syarat yang lain seperti menggunakan batu evolusi dan item-item tertentu (seperti rare candy), akan berubah menjadi spesies baru, yang kemudian dikenal dengan nama evolusi.

Contoh Item dan kegunaannya di Pokémon Trading Card:

Rare Candy

Escape rope

Potion

DLLLL.

Dalam serial permainan video, kita harus berperan sebagai pelatih yang membangun dan membesarkan sebuah tim Pokémon untuk mengalahkan beragam tipe Pokémon yang dimiliki oleh pelatih rival atau saingan kita, selain tentunya juga untuk mengalahkan bermacam Pokémon liar dan pelatih-pelatih lainnya. Di setiap game Pokémon, sudah berisi delapan master spesialis Pokémon yang kemudian disebut sebagai Gym Leaders (pemimpin gym). Kita sebagai pelatih wajib mengalahkan satu persatu pemimpin gym tersebut jika ingin mendapatkan lencana/pin yang kemudian bisa kita pakai sebagai tanda masuk ke kejuaraan nasional Pokémon League (Liga Pokémon). Dimana disana kita akan menantang empat pelatih Pokémon yang kekuatannya berlipat ganda dari para pemimpin gym sebelumnya yang kemudian disebut The Elite Four. Dan jika kita berhasil menang melawan The Elite Four, kita akan dibawa untuk menantang Juara Regional, dan jika kita berhasil menang melawan Juara Regional, maka kita akan disahkan sebagai Juara Nasional dan berhak menyandang nama Pokémon Master.

Permainan video

Generasi

Versi permainan video Pokémon memiliki beberapa elemen strategi, dan diciptakan serta ditulis jalan ceritanya oleh Satoshi Tajiri untuk Game Boy, dengan bantuan ilustrasi gambar karakter oleh Ken Sugimori. Saat ini sudah banyak permainan video yang beredar di pasaran. Pokémon sampai saat ini masih terus mempertahankan konsep-konsepnya. Dimana kita berperan sebagai seorang pelatih, dan kita harus bisa memenangkan gelar Pokémon Master. Semua properti Pokémon terdaftar dan dimiliki oleh The Pokémon Company (kawasan Jepang dan Asia, termasuk Indonesia) dan The Pokémon USA, Inc. (untuk kawasan AS, Australia, Amerika Latin, dan Eropa, termasuk Afrika). Semua permainan video, anime, dan manga selalu diperbaharui oleh pihak Pokémon Company setiap waktu. Dan ini menjadikan Pokémon sebagai satu dari tiga franchise yang masih terus dikembangkan hingga saat ini selain Transformers dan James Bond.

Pokémon G1 (era Game Boy)

Seri waralaba permainan video Pokémon generasi pertama adalah Pocket Monsters Aka and Midori ("Green" and "Red", dalam versi bahasa Inggris) untuk Game Boy di Jepang. Yang kemudian disempurnakan menjadi Pokémon Red dan Blue untuk dirilis secara internasional. Game ini diluncurkan di AS pada 30 September 1998. Selanjutnya versi pengulangan dari Red dan Blue dirilis dengan nama Pokémon Yellow: Special Pikachu Edition, dengan elemen warna untuk Game Boy Color dan game ini menggambarkan apa yang ada di serial TV Pokémon season satu. Generasi pertama Pokémon memperkenalkan 151 spesies (dari daftar National Pokédex, urutannya adalah dari Bulbasaur sampai Mew). Basis cerita permainan videonya seperti yang sudah diutarakan sebelumnya adalah kita harus berperan sebagai trainer yang membangun dan membesarkan sebuah tim Pokémon untuk mengalahkan beragam tipe Pokémon yang dimiliki oleh trainer rival atau saingan kita, selain tentunya Pokémon liar. Dan untuk selanjutnya kita harus bisa menjadi seorang Pokémon Master. Region pertama dalam Pokémon G1 adalah Kanto, yang lucunya sampai Pokémon G2 dirilis, nama tersebut tidak pernah disebutkan dalam serial TV atau permainan video.

Pokémon G2 (era Game Boy Color)

Generasi dua dari permainan video Pokémon dirilis pada pertengahan tahun 2000 dengan diluncurkannya Pokémon Gold dan Silver untuk Game Boy Color. Seperti versi sebelumnya, sebuah versi pengulangan dengan nama "Pokémon Crystal" diluncurkan kemudian. Pokémon G2 memuat 100 spesies baru Pokémon yang dimulai dari Chikorita dan diakhiri dengan Celebi, sehingga menambah total jumlah Pokémon menjadi 251 spesies. Sebuah region baru pun diperkenalkan, namanya Johto, dan merupakan tetangga dari Kanto. Game Pokémon G2 dirilis di Jepang pada Desember 2001 dan di pertengahan 2002 untuk kawasan Eropa dan Amerika Utara.

Pokémon G3 (era Game Boy Advance)

Generasi ketiga Pokémon dimulai tahun 2003 dengan dirilisnya Pokémon Ruby dan Sapphire untuk Game Boy Advance dan dilanjutkan dengan dirilisnya versi G1 (Pokémon Red dan Blue) dengan nama Pokémon FireRed dan LeafGreen, versi pengulangan untuk Ruby dan Sapphire berjudul Pokémon Emerald. Dimana di versi ini, yang menjadi tokoh utamanya adalah seorang anak perempuan bernama May (Haruka). Di G3, Pokémon yang ditambahkan adalah 135 spesies baru (dimulai dari Treecko dan diakhiri oleh Deoxys), sehingga menambah jumlahnya menjadi 386 jenis. Region di versi ini bernama Hoenn. Meskipun di G3 sudah banyak penyempurnaan dan penambahan hal-hal yang baru, tapi tetap saja para fans merasa kurang puas. Karena sistem siang-malam seperti di G2 dihilangkan, dan yang lebih parah lagi, dalam game Pokémon Ruby and Sapphire, hanya 202 spesies Pokémon yang bisa ditangkap (dari total seluruhnya 386 spesies). Sedangkan sisanya sama sekali tidak muncul, kecuali jika Anda bermain curang memakai kode cheat atau game shark tentunya.

Pokémon G4 (era Nintendo DS)

Generasi keempat permainan video Pokémon dimulai di tahun 2006 dengan diluncurkannya Pokémon Diamond dan Pearl untuk Nintendo DS. G4 mengambil setting cerita di region Sinnoh. Pokémon baru yang ditambahkan berjumlah 107 spesies (dimulai dari Turtwig dan diakhiri oleh Arceus), dan semakin menambah jumlah spesies Pokémon hingga angka 493 jenis. Fitur baru diperkenalkan dalam versi Nintendo DS, yaitu dengan adanya touch screen, dan dengan perbaikan di bidang sistem pertarungan dan jurus. Selain itu, muncul kembalinya sistem siang-malam seperti di G2, dan tetap dipertahankannya Pokémon Contests yang kali ini berubah nama menjadi Super Contest. Versi pengulangan dari Diamond dan Pearl adalah Pokémon Platinum yang dirilis pada Maret 2009 untuk kawasan Eropa dan Amerika Utara.

Pada Maret 2010, direncanakan akan dirilis seri permainan video baru Pokémon, yang merupakan versi terbaru dari seri Pokémon Gold dan Silver, yang berjudul: Pokémon HeartGold dan SoulSilver.

Jenis-Jenis Ball untuk menangkap Pokémon liar

Poke Ball

Great Ball

Ultra Ball

Timer Ball

Repeat Ball

Dive Ball

Dusk Ball

Premier Ball

Quick Ball

Net Ball

Luxury Ball

Nest Ball

Master Ball

Tokoh Film Pokémon

Tokoh Protagonis

Ash Ketchum (Tokoh Utama), ia bercita-cita sebagai Master Pokémon

Brook (Takeshi), ia bercita-cita sebagai peternak Pokémon dan gym leader di Pewter City tipe batu

Mereka semua ada di semua Film Pokémon

Tokoh Sampingan di Film Pokémon Leaf Green dan Fire Red

Misty (Kasumi), ia bercita-cita menjadi gym leader tipe air

Profesor Oak

Gary, Rival Ash

Tokoh Sampingan di Film Pokémon Sapphire dan Ruby

May (Haruka), ia bercita-cita menjadi pemenang Pokémon contest

Max (Masato)

Tokoh Sampingan di Film Pokémon Diamond dan Pearl

Dawn (Hikari), ia bercita-cita menjadi Master Pokémon

Profesor Rowan

Jeffry, Rival Ash

Tokoh Antagonis

Team Rocket

Giovanni Sakaki (Bos Team Rocket)

James (Kojiro)

Jessie (Musashi)

Meowth (Nyasu)

Wobbuffet (Sonansu)

Pokémon starter

Aspek utama yang masih terus bertahan dari serial Pokémon versi game — tepatnya dari versi Red and Blue dalam Nintendo Game Boy sampai ke game versi Nintendo DS, Diamond and Pearl — adalah pemilihan satu dari tiga Pokémon berbeda dalam awal start petualangan kita ketika bermain permainan video Pokémon. Hal tersebut kemudian dikenal dengan nama Pokémon starter, dengan tiga jenis Pokémon yang berbeda. Kita dapat memilih Grass-type (tipe tanaman/pepohonan), Fire-type (tipe api), atau Water-type (tipe air). Contohnya, di Pokémon Red and Blue (versi pengulangan dari Pokémon FireRed and LeafGreen), pemain dapat memilih Bulbasaur, Charmander, atau Squirtle. Pengecualian hanya untuk Pokémon Yellow (yang merupakan pengulangan dari cerita di season satu serial TV Pokémon), dimana pemain diberikan seekor Pikachu, yang merupakan Pokémon bertipe listrik, dan merupakan maskot utama seri Pokémon. Satu hal lain yang juga menjadi ciri khas adalah, rival kita selalu memilih Pokémon yang memiliki kemampuan yang hampir sama dengan Pokémon kita tetapi lebih kuat dalam hal tipenya. Contohnya adalah sebagai berikut:

  • Jika kita memilih Pokémon jenis api, maka rival akan memilih jenis air
  • Jika kita memilih Pokémon jenis air, maka rival akan memilih jenis tanaman/pepohonan
  • Jika kita memilih Pokémon jenis tanaman/pepohonan, maka rival akan memilih jenis api.
  • Pada gambar dibawah ini adalah contoh pokemon Starter di Pokemon Cryistal. Yang bewarna hijau adalah tipe daun bernama Chikurita (paling kiri), yang bewarna merah adalah tipe api bernama cyndaquil (di tengah), yang bewarna biru adalah tipe air bernama Totodile (paling kanan).

Lagi-lagi pengecualian diberikan untuk Pokémon Yellow, dimana rival kita mendapatkan Eevee.

Pokédex

Pokédex adalah sebuah alat yang ada dalam semua seri permainan video dan anime Pokémon. Dalam game, jika seekor Pokémon terlihat atau tertangkap, maka data dari Pokémon tersebut akan masuk ke dalam Pokédex milik sang pemilik. Namun lain halnya dengan di anime atau manga, dimana di versi ini Pokédex adalah sebuah alat elektronik lengkap yang bisa digunakan untuk mencari atau mendapatkan informasi tentang Pokémon yang kita temui. Pokédex biasanya digunakan untuk menyebutkan daftar Pokémon, atau lebih lengkapnya untuk menyebutkan daftar urut Pokémon sesuai nomor. Dalam permainan video, kita yang bermain sebagai Pokémon Trainer akan memulainya dengan Pokédex yang kosong ketika kita memulai petualangan. Untuk mengisinya, kita harus mengadakan pertarungan dengan Pokémon liar, atau kalau lebih bagus, kita harus menangkap Pokémon liar yang kita jumpai tersebut agar mendapat informasi lengkapnya. Setelah kita berhasil mengalahkan atau menangkap Pokémon tersebut, kita akan menerima keterangan seperti gambar, nama, dan tempat habitat Pokémon tersebut dalam Pokédex.

Dalam Pokémon Red dan Blue, beberapa Pokémon malah bisa masuk ke daftar Pokédex tanpa harus mengalahkan mereka, tetapi cukup dengan melihat atau menjumpainya saja, seperti di kebun binatang dekat Safari Zone. Dalam perkembangannya, Pokédex kemudian memberi kita informasi yang lengkap tentang spesies, ukuran, berat badan, dan jurus-jurus yang Pokémon kita miliki. Bahkan Pokédex di Pokémon G3 sudah memuat daftar lengkap tentang habitat di mana Pokémon tersebut tinggal, seperti misalnya di gunung, kota, atau hutan.

Dalam media lain

Serial animasi

Serial TV dan film teater Pokémon merupakan versi pengembangan dari seluruh seri permainan video Pokémon (dengan pengecualian untuk Pokémon Yellow, yang meretas jalan sebaliknya dari serial TV ke permainan video). Karakter utama dalam serial TV Pokémon adalah Ash Ketchum (alias Satoshi di versi Jepang). Ia bersama rekan-rekannya saling membantu dalam perjalanan. Rekan-rekan Ash adalah Brock (versi Jepang: Takeshi, mantan pemimpin gym Pewter City), Misty (versi Jepang: Kasumi, pemimpin gym Cerulean City), Tracey Sketchit (Kenji), May (versi Jepang: Haruka, dari kota Petalburg), Max (Masato), dan Dawn (Hikari). Musuh utama tim ini adalah Team Rocket yang dipimpin oleh Giovanni Sakaki dengan anak buahnya yang selalu mengikuti kemanapun Ash pergi yaitu Jessie (Musashi), James (Kojiro), Meowth (Nyasu), dan Wobbuffet (Sonansu).

Dalam serial Pokémon G1, Ash mendapatkan Pokémon Pikachu, berbeda dengan di video game Pokémon Red dan Blue, dimana yang ada adalah Bulbasaur, Charmander, dan Squirtle. Cerita di G1 mengambil tempat di Kanto. Ash kemudian mendapatkan teman bertualang yaitu Brock dan Misty. Sementara di G2 mengambil tempat di Johto, dan masih melanjutkan petualangan Ash, Misty, dan Brock. Selanjutnya, serial berlanjut dengan masuknya Ash ke Hoenn (Pokémon G3), dimana ia menjadi mentor dan guru bagi May. Posisi May adalah menggantikan Misty yang kembali lagi ke kota asalnya, yaitu Cerulean City.

Di Pokémon G4, Ash bersama Brock pergi ke Sinnoh, dimana di saat yang sama May bersama Max pergi ke Johto, dan kemudian Kanto. Ash di Sinnoh kemudian bertemu dengan teman baru bernama Dawn. Untuk mendukung cerita film, tim Pokémon Company juga telah mengeluarkan 12 film Pokémon sampai akhir tahun 2009.

Film

Film layar lebar

Setiap season dimana serial TV-nya ditayangkan, sebuah film bioskop tentang Pokémon (劇場版ポケットモンスター ,Gekijōban Poketto Monsutā ?, Pocket Monsters the Movie), yang berisi tentang cerita yang mendukung perjalanan serial TV dan dibintangi atau diisi suaranya oleh para pengisi suara regular dirilis. Sampai tahun 2009, ada sebelas film resmi dan satu film yang merupakan kelanjutan dari serial TV yang telah dirilis. Setiap film tersebut selalu dikaitkan dengan seekor Pokémon legendaris, dimana disisi lain, film tersebut juga di pakai untuk mempromosikan spesies baru Pokémon yang tidak tampil dalam video game, atau yang akan ditampilkan dalam seri video game selanjutnya.

Setiap film Pokémon selalu dipasangkan dengan film pendek yang diisi oleh Ash Ketchum cs. bersama dengan Pokémon-Pokémon milik mereka. Dari film pertama sampai film ketujuh, selalu disisipkan satu atau lebih sebuah cerita pendek, diantaranya yaitu:

Nomor

Judul Asli
bahasa Jepang

Judul Internasional
bahasa Inggris

Tanggal Rilis
Jepang/Amerika Serikat

Pokémon Legenda

1

Mewtwo Strikes Back
ミュウツーの逆襲

Pokémon: Mewtwo Strikes Back

18 Juli 1998
10 November 1999

Mew
Mewtwo

2

Revelation Lugia
幻のポケモン ルギア爆誕

Pokémon: The Power of One

17 Juli 1999
21 Juli 2000

Articuno
Zapdos
Moltres
Lugia

3

Lord of the Unknown Tower: Entei
結晶塔の帝王 ENTEI

Pokémon: Spell of the Unown

8 Juli 2000
6 April 2001

Entei

4

Celebi: A Timeless Encounter
セレビィ 時を超えた遭遇

Pokémon 4Ever - Celebi: Voice of the Forest

7 Juli 2001
11 Oktober 2002

Celebi
Suicune

5

Guardians of the Water Capital: Latias and Latios
水の都の護神 ラティアスとラティオス

Pokémon Heroes: Latios and Latias

13 Juli 2002
16 Mei 2003

Latios
Latias

6

Wishing Star of the Seven Nights
七夜の願い星 ジラーチ

Pokémon: Jirachi Wishmaker

19 Juli 2003
1 Juni 2004

Jirachi
Groudon

7

Sky-Splitting Visitor: Deoxys
裂空の訪問者 デオキシス

Pokémon: Destiny Deoxys

22 Juli 2004
22 Januari 2005

Rayquaza
Deoxys

8

Mew and the Wave Guiding Hero: Lucario
ミュウと波導の勇者 ルカリオ

Pokémon: Lucario and the Mystery of Mew

16 Juli 2005
19 September 2006

Mew
Ho-Oh
Regirock
Registeel
Regice

9

Pokémon Ranger and the Prince of the Sea: Manaphy
ポケモンレンジャーと蒼海の王子 マナフィ

Pokémon Ranger and the Temple of the Sea

15 Juli 2006
23 Maret 2007

Kyogre
Manaphy

10

Dialga versus Palkia versus Darkrai
ディアルガVSパルキアVSダークライ

Pokémon: The Rise of Darkrai

14 Juli 2007
24 Februari 2008

Dialga
Palkia
Darkrai

11

Giratina and the Sky's Bouquet: Shaymin
ギラティナと氷空の花束 シェイミ

Pokémon: Giratina and the Sky Warrior

19 Juli 2008
13 Februari 2009

Giratina
Regigigas
Shaymin
Dialga

12

Arceus: To the Conquering of Space-Time
劇場版ポケットモンスター ダイヤモンド&パール アルセウス 超克の時空へ

Pokémon: Arceus and the Jewel of Life

18 Juli 2009
April 2010

Dialga
Palkia
Giratina
Arceus
Heatran

13

Phantom Ruler Z
幻影の覇者Z

TBA

10 Juli 2010
TBA

Raikou
Entei
Suicune
Celebi

Film spesial

Daftar di bawah ini merupakan daftar film-film animasi pendek non-bioskop spesial Pokémon yang biasanya sebagai media promosi tambahan dalam memasarkan seri permainan video, manga Pokémon lainnya.

Nomor

Judul

Keterangan

1

The Birth of Mewtwo/The Origin of Mewtwo

Sebuah video animasi yang merupakan pengembangan dari sebuah drama radio di Jepang, video ini kemudian dimasukkan ke dalam awalan dari film bioskop pertama Pokémon

2

Slowking's Day/Pokemon Lost and Found

Sebuah video animasi singkat yang mengetengahkan tentang Slowking, video ini tidak pernah dirilis di luar Jepang

3

Pokémon: Mewtwo Returns

Film televisi yang mengetengahkan tentang bangkitnya Mewtwo setelah apa yang menimpanya dalam film pertama

4

Raikou: Legend of Thunder

Film televisi yang berbasis dari game Pokémon Crystal. Karakter-karakter manusia yang muncul dalam film ini semuanya adalah karakter yang ada dalam seri video game tersebut

5

Pikachu's Winter Vacation

Film pendek tentang petualangan Pikachu di musim dingin

6

Pikachu's Summer Festival

Film pendek pertama tentang Pikachu di musim panas

7

Pikachu's Ghost Carnival

Film pendek kedua tentang Pikachu di karnival hantu

9

Pikachu's rescue adventure

Film pendek ketiga tentang Pikachu dengan misi penyelamatan

10

Pikachu's Big Undersea Adventure

Film Pokémon 3D pendek kedua, yang kali ini dipertontonkan dalam event serupa di negara Taiwan pada tahun 2006.

11

The Mastermind of Mirage Pokémon

Film Pokémon eksklusif AS yang dibuat untuk merayakan ulang tahun kesepuluh Pokémon di AS. Pokémon-Pokémon yang tampil antara lain: Mew, Kabutops, Omastar, Armaldo, Aggron, Aerodactyl, Houndoom, Absol, Mightyena, Machoke, Machamp, Ursaring, Magnemite, Entei, Articuno, Zapdos, dan Mewtwo.

12

Team Go-Getters Out Of The Gate!

Film TV yang merupakan bagian dari seri Pokémon Mystery Dungeon, dibuat dan dirilis di AS oleh saluran TV Cartoon Network USA pada 8 September 2006.

0 Response to "Pokémon"

Poskan Komentar